Anda Harus Ketahui Cara Yang Sehat Berbuka Puasa

Puas bukan sekedar menahan lapar dan dahaga tapi juga menahan hawa nafsu, baik nafsu syahwat atau nafsu negatif seperti marah dan prasangka. Ketika berpuasa sangatlah penting menjaga pola makan terutama ketika berbuka puasa. kesalahan fatal yang sering dilakukan orang-orang ketika berbuka puasa adalah langsung makan makanan berat dengan lahapnya, dan pada akhirnya kebanyaka mereka juga mengalami perut sakit karena kekenyangan.

Anda Harus Ketahui Cara Yang Sehat Berbuka Puasa


Kenapa perut bisa sakit? ya, setelah seharian perut kosong karena berpuasa sistem pencernaan dalam tubuh mengurangi produksi enzim yang berguna untuk metabolisme sehingga sangat berpengaruh terhadap lapisan lendir di dalam sistem pencernaan kita. Pada saat berbuka puasa sistem pencernaan dalam tubuh beradaptasi kembali dengan makanan dan minuman secara perlahan. Sehingga apabila dipaksa untuk langsung mengkonsumsi makanan yang berat akan membuat sistem pencernaan dipaksa untuk bekerja mencerna makanan yang anda konsumsi dan akibatnya lambung anda terasa sakit.

Oleh sebab itu hindarilah pola makan yg salah ketika kita berbuka puasa demi menjaga kesehatan kita sendiri. Lalu bagaimanakah Cara Sehat Berbuka Puasa ? ok baiklah, ada beberapa tahap Cara Sehat dalam Berbuka Puasa diantaranya :

Ø  Minum segelas air hangat dan makan beberapa biji kurma
Ø  Kemudian biarkan lambung menetralisir penggilingannya tunggu 15-20 menit (dalam waktu tenggang ini kita bisa shalat dulu)
Ø  Setelah itu makan/minum jus buah segar yang mengandung serat seperti pepaya, melon, pear, apel dll tanpa kulit. Ingat, hindari buah yang terlalu keras atau yang mengandung zat asam tinggi seperti nanas, durian, mangga, dan sejenisnya.
Ø  Setelah 30 menit kemudian barulah makan makanan utama seperti nasi dan lauk pauknya. Namun begitupun makan seperlunya saja jangan berlebihan.
mengapa dianjurkan seperti diatas ? Baik, ini penjelasanya


pertama, setelah seharian kita berpuasa tentunya lambung kita kosong dan kandungan asam lambung akan naik dengan ditandai bau mulut yang kurang enak. Dalam hal ini perlulah di netralisir terlebih dahulu dengan minum air putih hangat sekaligus berfungsi untuk membersihkan ginjal dan mengganti cairan tubuh yang telah hilang selama kita berpuasa seharian.  ( Baca: Berpuasalah Seperti Ulat, Jangan Seperti Ular )

kedua, dalam masa ini tubuh kita sangat membutuhkan energi instan. Maka mengkonsumsi kurma dan jus buah segar sangatlah tepat karena mampu memberi asupan nutrisi dan energi dengan cepat sehingga tubuh akan kembali segar dalam waktu singkat.
Facebook Twitter Google+
Back To Top